Follow Me

Follow Me

Who's Online 

We have 20 guests and no members online

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga, Hediyanto W. Husaini mengecek progres konstruksi jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) pada akhir pekan lalu. Hediyanto mengatakan, terus mendorong percepatan pembangunan tol dengan panjang total 54 Km tersebut, khususnya untuk Seksi 1 Ciawi – Cigombong. Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), jalan tol dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Trans Jabar Tol tersebut dibangun dengan nilai investasi Rp7,77 triliun.

“Tanah sudah 95 persen untuk Seksi 1 yang memiliki panjang 15,35 Km. Sayang sekali kalau tidak dipercepat,” ucapnya.

Meskipun dari segi pembebasan tanah relatif sudah tidak ada masalah, namun Dirjen Bina Marga mengakui masih lambatnya kontraktor PT Posco  dalam bekerja. Untuk itu, Dia memperingatkan kontraktor asal Korea Selatan tersebut untuk lebih optimal bekerja untuk mengejar ketertinggalan konstruksi yang telah ditargetkan pemerintah.

“Kalau tidak ada progres signifikan, kita putus saja kontrak (kontraktornya). Ini karena kita berharap besar pada pembangunan tol ini,” terang Hediyanto.

Selain belum maksimalnya kinerja kontraktor, kendala lain pembangunan adalah tingginya curah hujan di lapangan. Dalam kesempatan peninjauan tersebut, Hediyanto juga menyebutkan kemungkinan dapat digunakan sebagian dari jalan tol Bocimi pada arus mudik kali ini. Namun keputusan tersebut baru akan dibuatnya dalam dua minggu kedepan.

“Kalau dilihat progres di lapangan peluangnya masih fifty-fifty, kita belum bisa memastikan. BUJT dan kontraktor sedang menghitung kemungkinannya, tapi secara umum yang mungkin bisa digunakan yang di Ciawi sepanjang 5 Km ke arah Sukabumi,” jelasnya.

Untuk mengejar kemungkinan dapat dimanfaatkan pada mudik, saat ini di lapangan sedang dilakukan pekerjaan antara lain perbaikan tanjakan dan perkerasan tanah. Dirjen Bina Marga berencana akan kembali mendatangi tol Bocimi pada dua pekan mendatang untuk kemudian memutuskan apakah sebagian tol tersebut dapat dimanfaatkan.

Sebagai informasi, jalan tol Bocimi yang memiliki panjang 54 Km terbagi menjadi empat seksi pembangunan. Seksi 1 (Ciawi – Cigombong) sepanjang 15,35 Km, Seksi 2 (Cigombong – Cibadak) sepanjang 12 Km, Seksi 3 (Cibadak – Sukabumi Barat) sepanjang 13,7 Km serta Seksi 4 (Sukabumi Barat – Sukabumi Timur) sepanjang 13,05 Km. (KompuBM)

You are Here

Template Settings
Select color sample for all parameters
Red Green Blue Gray
Background Color
Text Color
Google Font
Body Font-size
Body Font-family
Scroll to top