Print

Kebakaran hutan dan lahan yang membuat tercemarnya udara di wilayah Sumatera Selatan khususnya Kabupaten Ogan Ilir, juga berdampak terhadap kondisi kesehatan masyarakat. Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional III (BBPJN III) serta Dharma Wanita  Persatuan BBPJN III pada Selasa, 27 Oktober 2015 menggelar kegiatan Bakti Sosial Pemeriksaan Kesehatan Masyarakat Terkena Dampak Asap Kebakaran Hutan dan Lahan.

 

BBPJN III sebagai perwakilan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat di daerah, membawahi empat Provinsi yaitu Prov. Sumatera Selatan, Prov.Lampung, Prov.Bengkulu, dan Prov.Bangka Belitung. Oleh karena itu BBPJN III juga merasa wajib memperhatikan masyarakat sekitar melalui tindakan nyata selain tugas utamanya membangun infrastruktur jalan dan jembatan.

 

Pada kegiatan Bakti Sosial yang diadakan di Komplek SD Negeri 24 Desa Tanjung Setako, Kelurahan Inderalaya, Kecamatan Inderalaya, Kabupaten Ogan Ilir. BBPJN III berkerjasama dengan Dinas Kesehatan Pemerintah Kab.OI, dan juga Dinas Pendidikan Pemerintah Kab.OI. Drs. H. Sidharta selaku Kepala Dinas Kesehatan Kab.OI memberikan apresiasi dengan diselengarakannya acara bakti sosial ini dan  mengharapkan agar kegiatan ini bukan hanya dilaksanakan di Kab.OI saja namun juga dapat dirasakan di daerah lain yang terpapar bencana asap. Dan bagi warga sekitar Dia menghimbau agar dapat memanfaatkan sebaik-baiknya acara ini.

 

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional III Thomas Setiabudi Aden yang diwakili oleh Kepala Seksi Pengendalian Sistem Pelaksanaan Bidang PSP3, Mardalenna I.F, mengungkapkan sebanyak 157 siswa dan 77 warga sekitar mendapatkan bantuan berupa pemeriksaan kesehatan dan juga obat-obatan gratis adapun kegiatan ini sebagai betuk  kepedulian personil BBPJN III atas bencana asap yang terjadi di Indonesia, disamping itu juga bantuan seperti alat olahraga ke SD Negeri 24, penyedian pasta gigi dan sabun, serta alat tulis bagi siswa SD. Kendati, tidak banyak namun diharapkan bantuan yang diberikan ini dapat bermanfaat.

Acara dibuka secara simbolis oleh Ibu Lyna Thomas Aden selaku Ketua Dharma Wanita Persatuan BBPJN III dengan memakaikan masker kepada perwakilan siswa SD Negeri 24 Desa Tanjung Setako yang kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan oleh tenaga medis pemerintah Kab.OI, pembagian obat gratis dan alat tulis sekolah kepada siswa dan masyarakat sekitar.