Follow Me

Who's Online 

We have 56 guests and no members online

 

Jakarta (Bina Marga) – Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum  (PU) ikut berpartisipasi dalam 4th Indonesia Climate Change Education Forum & Expo. Kegiatan tersebut merupakan forum edukasi dan pameran perubahan iklim terbasar se-Indonesia yang diselenggarakan oleh Dewan Nasional Perubahan Iklim (DNPI) di Jakarta Convention Center (JCC), selama 4 hari (1-4/05/2014). Tema tahun ini adalah Peran Perempuan dan Pemuda dalam Solusi Perubahan Iklim.

 

Pada pameran ini ditampilkan beberapa kegiatan Kementerian PU dalam menghadapi perubahan iklim, antara lain yaitu pengelolaan sampah berbasis masyarakat, konstruksi berkelanjutan, berbagai penyediaan fasilitas umum di kantor Kementerian PU yang responsive gender dan bangunan gedung hijau.

Booth Kementerian PU yang bertajuk PU Playground (taman bermain), memeriahkan kegiatannya dengan dongeng perubahan iklim untuk anak, praktek menanam pohon untuk anak-anak, lomba mewarnai yang diikuti oleh siswa TK dan SD. Lomba mewarnai gambar yang ditujukan untuk siswa tingkat TK diselenggarakan Minggu (01/05/2014). Acara yang diikuti oleh 30 anak taman kanak-kanak DKI Jakarta, ini bertujuan untuk mengajarkan kepada anak-anak usia dini untuk mengerti akan perubahan iklim dan pentingnya berhemat air.

Bina Marga secara khusus menampilkan fasilitas trotoar yang memperhatikan karaktersitik pejalan kaki wanita di perkotaan. Selain itu, Bina Marga juga menampilkan pola jalan raya pada lantai booth pameran PU kali ini. Di salah satu titik, anak-anak TK dan SD yang diundang diajak untuk melakukan penanaman pohon yang menggambarkan kegiatan penghijauan di tepi jalan.

Koordinator Divisi Komunikasi, Informasi dan Edukasi DNPI Amanda Katili Niode menyatakan tema yang dipilih adalah untuk merespon kebijakan pengarusutamaan gender dalam adaptasi perubahan iklim di dalam kerangka kerja untuk menjawab tantangan yang dihadapi Indonesia dalam menyikapi perubahan iklim. 

Indonesia telah berkomitmen untuk mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 26 persen pada tahun 2020 dengan upaya nasional dan 41 persen dengan bantuan pendanaan internasional. Komitmen tersebut dituangkan dalam Perpres no. 61 tahun 2011, tentang Rencana Aksi Nasional Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca (RAN-GRK). 

“Forum edukasi dan pameran ini merupakan sebuah bentuk nyata kemajuan program dan aksi perubahan iklim di Indonesia, terutama bagi kaum muda khususnya perempuan,” tutur Amanda sebagaimana dikutip dari laman www.pu.go.id .(ian/nrm)

You are Here

Template Settings
Select color sample for all parameters
Red Green Blue Gray
Background Color
Text Color
Google Font
Body Font-size
Body Font-family
Scroll to top