Direktorat Jenderal Bina Marga - Kementerian Pekerjaan Umum
   
Cari Informasi :      
Info Terbaru : *) Kondisi Ruas Jalan Nasional 2011                          *) Terlampir File SK GUB DKI tentang SP2LP 6 Ruas Tol DKI                          *) BAHAN PAPARAN DIRJEN BM DALAM RAKERTAS KEM PU                          *) Jembatan pada Ruas Jalan Nasional 2010                          *) Panjang Jalan Nasional menurut SK Menteri 2009                          *) Surat Percepatan Penyerapan Anggaran Kegiatan TA. 2011                          *) Draft Buku Road Map Bina Marga 2011                          *) Reformasi Birokrasi Ditjen Bina Marga 2011                          *) Pelaksanaan Kegiatan Ditjen Bina Marga Tahun Anggaran 2011                          *) REQUEST FOR EXPRESSIONS of INTEREST of CORE TEAM CONSULTANTS (CTC) WINRIP                          *) WINRIP: LARAP Krui - Biha with Addendum Way Magnai Bridge                          *) ENVIRONMENT & SOCIAL MANAGEMENT FRAMEWORK (ESMF) dan LARAP Padang - Bengkulu - Lampung                          *) Permen PU 11 tahun 2010 - Tata Cara dan Persyaratan Laik Fungsi Jalan                          *) Permen PU 20 tahun 2010 - Pedoman Pemanfaatan dan Penggunaan Bagian-bagian Jalan                          *) Download Surat Edaran Menteri Nomor : 14/SE/M//2010 Tentang Percepatan Pelaksanaan Program 2010 dan Persiapan Pelaksanaan dan Penajaman Program 2011 Kem.PU                           
 
DitJen Bina Marga
    PROFIL BINA MARGA
    VISI DAN MISI
    STRUKTUR & ORGANISASI
    TUGAS DAN FUNGSI
    KEBIJAKAN DAN STRATEGI
    PRIORITAS PROGRAM
    RENCANA STRATEGIS
    LAKIP
    GALERI BINA MARGA
    PMU BINA MARGA
    EIRTP - 1
    EIRTP - 2
    SRIP
    RR2P
    EINRIP
 
Berita Bina Marga


PELANTIKAN KEPALA SATUAN KERJA DAN PEJABAT PEMBUAT KOMITMEN TAHUN 2011
Selasa, 8 Februari 2011 - 13:00 WIB

Pada 2 Februari 2011, Direktur Bina Program: Ir. Harris H. Batubara M.Eng.Sc  melantik PPK dan Satker tahun Anggaran 2011 di Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional I Medan. Dalam  acara pelantikan tersebut Direktur Bina Program membacakan amanat tertulis dari Direktur Jenderal Bina Marga.

Pada saat yang bersamaan dilaksanakan juga pelantikan di Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional II Padang oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Bina Marga: Ir. Chairul Thaher, M.Sc , Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional IV Jakarta oleh Direktur Bina Pelaksana Wilayah II: Ir. Winarno, M.Eng.Sc

Berikut sambutan tertulis dari Direktur Jenderal Bina Marga :

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh,

Salam sejahtera bagi kita semua,

Bapak/Ibu dan Hadirin sekalian yang berbahagia

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Swt, Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas berkat dan rahmat-Nya kita dapat berkumpul dalam rangka Pelantikan Kepala Satuan Karja (Kasatker) dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Tahun Anggaran 2011.

Perlu saya ulangi kembali untuk kita ketahui bersama bahwa prasarana jalan merupakan salah satu prasarana transportasi yang dibutuhkann/dalam mendukung pengembangan wilayah dan pembangunan ekonomi/agar tercapai pembangunan antar daerah yang seimbang. Peran jalan dalam hal ini adalah menyatukan sistem jaringan transportasi nasional yang menghubungkan pusat-pusat produksi ke daerah pemasaran lokal, wilayah,nasional maupun internasional dalam suatu hubungan hirarki guna melayani kebutuhan peningkatan kualitas kehidu;an masyarakat.

Para hadirin yang berbahagia,

Sesuai dengan tugas pokok Direktorat Jenderal Bina Marga yang melipiti penyelengaaraan jalan secara umum dan  penyelenggaraan jalan nasional maka berdasarkan RPJMN 2010-2014, telah ditetapkan Visi dan Misi yang dituangkan didalam Rencana Strategis Ditjen Bina Marga 2010-2014.

Seluruh Satker dan PPK  sebagai ujung tombak Ditjen Bina Marga harus benar-benar memahami dan mendalami visi dan misi yang telah dijabarkan dalam program penganganan jalan untuk masing-masing wilayah kerjanya sehingga apabila secara bersama-sama seluruh jajaran Ditjen Bina Marga bahu membahu sesuai dengan bidang tugas dan kewajibannya masing –masing, Tentang target  dan sasaran yang telah ditetapkan dalam Renstra Bina Marga  2010-2014 akan dapat dicapai , karena ada pepatah mengatakan ringan sama di jinjing dan berat sama di pikul, Bersama kita bisa.

Para Pejabat Inti Proyek Yang Baru dilantik dan Para Hadirin sekalian,

Mulai tahun ini, kita akan menerapkan perencanaan dan penganggaran yang berbasis kinerja (Performance Based Budjgeting) yaitu yang didasarkan pada capaian keluaran (output) dan hasil (outcome) dalam hal ini alokasi dana dan pembagian tugas para Satker/PPK didasarkan pada kinerja jalan diwilayahnya masing-masing.

Kinerja jalan menjadi tolok ukur untuk menilai berhasil tidaknya Satker/PPK dalam menjalankan tugasnya.

Untuk tercapainya keluaran (output) dan hasil (outcome) Tahun Anggaran 2011, Ditjen Bina Marga melakukan perubahan-perubahan dalam pengorganisasian Satker/PPK sekarang ini Satker Pelaksanaan Jalan/PPK didasarkan pada wilayah, Sedangkan Satker P2JN mencakup wilayah Provinsi, yang didalamnya sudah termasuk jalan-jalan di kawasan Metropolitan/Kota daan wilayah kerja SKPD.

Sebagai tambahan saya memohon perhatian saudara-saudara sekalian bahwa Satker Pelaksanaan  Jalan/PPK disamping melakukan tugas untuk melaksanakan DIPA, juga bertindak sebagai Manajer Area yang secara jelas bertanggung jawab penuh atas seluruh kinerja jalan nasional dan aset di wilayah tugasnya serta agar lebih peka terhadap kebutuhan pelayanan masyarakat pengguna jalan.Disamping itu, Satker harus mengetahui seluruh kondisi jalan nasional yang ada diwilayahnya dan juga mengetahui lokasi-lokasi yang merupakann lokasi rawan longsor, rawan kecelakaan (blackspot) maupun banjir.

Hal ini harus dipahami dan dilaksanakan mengingat kontrak kinerja yang dilaksanakan secara berjenjang.

Untuk pelaksanaannya sebagai lini terdepan, sebagai langkah awal PPK harus melakukan survey kondisi jalan diwilayahnya masing-masing sebagai cross chek survey yang telah dilakukan P2JJ yang terakhir yang hasilnya nantinya digunakan sebagai acuan untuk menyusun rencana kerja penanganan jalann diwilayah secara bertahap untuk mencapai kondisi jalan mantap pada akhir tahun 2014. Rencana kerja tersebut nantinya akan menjadi dasar penentuan  nilai kinerja yang harus dipenuhi oleh PPK sebagai kontrak kinerja antara PPK dan Satker secara berjenjang  antara Satker dan KaBalai serta Balai dan Dir.Wilayah.

Bapak dan Ibu yang berbahagia,

Sebagaimana diamanatkan dalam UU No.22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan maka Satker/PPK wajib segera dan patut untuk memperbaiki jalan yang rusak yang dapat mengakibatkan kecelakaan lalu-lintas.

Disamping hal tersebut,dalam pelaksanaan DIPA tahun anggaran 2011, Satker/PPK harus dapat :

  • Menyiapkan rencana kerja yang terencana serta mengoptimalkan penggunaan sumber daya yang ada, termasuk SDM serta fasilitas pendukung lainnya untuk pencapaian terger yang telah ditetapkan dalam DIPA;
  • Melakukan pemeliharaan peralatan yang dimiliki agar tetap berfungsi sehingga sewaktu-waktu diperlukann dapat dioperasikan;
  • Mempersiapkan stok material dan sumber daya lainnya secukupnya sehinngga apabila ada kerusakan lubang dapat segera ditangani kurang dari 1 minggu;
  • Mengadakan Penilik Jalan yang petugasnya diambil dari masyarakat setempat, hal ini dibutuhkan agar informasi kerusakan jalann dapat diketahui sedini mungkin dan ditangani secepat mungkin sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat di pertahankan;
  • Melakukan pengendalian mutu pelaksanaan pekerjaan pada setiap tahapan kegiatan mulai dari perencanaan sampai pelaksanaan sesuai dengan NSPK;
  • Membuat laporan keuangan, SIMAK BMN dan SAI dengan baik dan benar sehingga opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dapat dipertahakan atau bila memungkinnkan dapat ditingkatkan menjadi Wajar Tanpa Pengecualian (WTP);
  • Tertib administrasi pelaporan SiPP dan E-Mon, melakukan pemutakhiran LHP sesegera mungkin.

Bapak dan Ibu yang berbahagia,

Keberhasilan tugas penting dan tantangan yang berat yang dipercayakan kepada Bapak dan Ibu semua, sebagai aparatur Diorekorat Jenderal Bina Marga dalam pelaksanaannya tidak terlepas dari dukungan keluarga. Kondisi keluarga yang harmonis dan do’a anak istri/suami merupakan faktor terpenting untuk melaksanakan pengabdian. Kepada masyarakat pemakai dan pemanfaat jalan yang juga merupakan konsumen kita, mari kita garis bawahi  bersama pesan Bapak Menteri PU, pada pelantikan pejabat eselon II dan eselon III yang baru lalu agar membawa serta keluarga dimanna Bapak/Ibu ditugaskan.

Dukungan keluarga akan mengingkatkan semangat kerja yang pada akhirnya akan mempengaruhi juga pada pencapaian tujuan organisasi.

Sebelum mengakhiri sambutan ini, saya mengucapkan selamat kepada semua pejabat yang telah dilantik pada hari ini dengan harapan agar dengan selesainya pelantikan ini seluruh kegiatn satuan kerja dapat dimulai dan dilaksanakan tepat waktu, tepat mutu dan tepat biaya dengan cara-cara yang akuntabel dah hasilnya dapat  bermanfaat bagi seluruh masyarakat pengguna dan pemanfaat jalan.

Akhir kata, selamat bertugas, terus berkarya dan mengabdi demi kejayaan Nusa dan Bangsa. Dengan tetap berpegang kepada motto kementerian kita yaitu Bekerja Keras ; Bertindak Tepat dan Bergerak Cepat. Sampaikan salam saya untuk keluarga, semoga Tuhan selalu bersama kita.

Sekian terima kasih,

Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh.

 

Jakarta,  2 Februari  2011

Direktur Jenderal Bina Marga

 

Ir.JOKO MURJANTO, MSc



Arsip Berita : 

    APLIKASI BINA MARGA
    SIPP
    SAK
    RKA-KL
    SIMAK-BMN
    SIMTOL
    GUNTINGAN BERITA
    MEDIA CETAK
    MEDIA ELEKTRONIK
    LINK TERKAIT

Pengunjung ke : 0
Tahun 2014


DitJen Prasarana Wilayah
 

Download : Acrobat Reader
Untuk Saran serta Kritik, Kontak Admin.
Copyright © INFOKOM 2011, All Rights Reserved.